Perbedaan Paket Internet Broadband dan Paket Internet Dedicated

Berikut Perbedaan Paket Internet Broadband dan Paket Internet Dedicated

 

Sekarang ini, saat dimana kita hidup pada zaman tehnologi yang terus berkembang, yang terus bergerak dengan sangat cepat seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan ekonomi serta masyarakatnya. Koneksi internet bukan lagi menjadi barang mewah yang hanya diperuntukan bagi segelintir orang saja, karena keberadaannya kini sudah merupakan makanan sehari-hari bagi hampir sebagian masyarakat penggunanya. Dalam dunia bisnis sendiri, internet sudah menjadi kebutuhan pokok dihampir seluruh bidang, mulai dari perdagangan, manufaktur, dan lain sebagainya.

Ada dua (2) jenis koneksi internet yang sangat banyak dikenal, yaitu sharing bandwidth atau broadband dan koneksi internet dedicated. Tentunya, banyak dari kita yang menggelengkan kepala ketika mendengar kata internet dedicated dan broadband, terutama jika mengetahui harga dari internet dedicated yang umumnya jauh lebih tinggi dari harga jenis broadband yang ditawarkan. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan sedikit perbedaan antara internet broadband dan internet dedicated.

Pada koneksi internet bradband, kecepatan yang akan kalian dapatkan tentunya tidak akan selalu konstan dengan angka yang tertera dibrosur. Hal tersebut disebabkan oleh karena, sifat broadband  yang sharing bandwidth, yang dapat diartikan, bandwidth yang didistribusikan akan digunakan secara bersamaan dengan pelanggan ainnya, sehhingga jarang didapati kecepatan yang maksimal yang dijanjikan.

Selain daripada itu, kebanyakan koneksi broadband memiliki kecepatan bandwidth yang tak seimbang antara upload dan download. Sebagai contoh, jika kalian berlangganan broadband 10 Mbps, maka bisa saja kalian hanya akan mendapatkan kecepatan download yang hanya sebesar 5 Mbps, dan kecepatan uploadnya hanya 1 Mbps saja.

Sangat berbeda kiranya jika membandingkannya dengan jenis koneksi dedicated, dimana jenis koneksi semacam ini menawarkan kualitas layanannya yang lebih baik dengan jaminan yang sesuai. Berikut ini adalah sifat-sifat dari Internet Dedicated :

  1. Rasio 1:1

Pastinya kalian pernah menemui saat hasil speedtest menunjukan angka yang besar, akan tetapi pada kenyataannya koneksi yang kalian dapatkan justru lambat? Hal tersebut pastinya disebabkan oleh bandwidth yang ditampilkan merupakan bandwidth saat mengakses backbone ISP, sehingga angka yang ditampilkan pada pengetesan bukanlah sepenuhnya yang kalian dapatkan pada network. Beda halnya dengan jenis broadband yang menekankan penggunaan kata “up”, koneksi dedicated memberikan jaminan bahwa kalian akan mendapatkan bandwidth sesuai dengan besarnya paket berlangganan kalian selama 24 jam non stop.

  1. Bandwidth Simetris

Dedicated internet setidaknya menawarkan bandwidth simetris yang menjamin kecepatan download dan upload kalian akan setara dan sesuai dengan paket berlangganan kalian. Semisal, kalian berlangganan paket internet dedicated sebesar 5 Mbps, maka secara konstan kalian akan mendapatan kecepatan upload sebesar 5 Mbps dan download sebesar 5 Mbps pula.

  1. Jaminan Service Level Agreement atau SLA

Umumnya, jika kalian menggunakan koneksi internet dedicated, maka kalian akan mendapatkan Jaminan SLA seperti saat kuota mengalami downtime, latensi, dan sebagainya yang menjamin ketersediaan koneksi internet yang kalian gunakan. Tentunya, kalian akan mendapatkan konpensasi yang ditawarkan manakala SLA tidak betul-betul terpenuhi.

  1. After Sales Service

Selain dukungan selama 24 jam selama 7 hari, kelebihan lainnya adalah kualias dan ketersediaan sambungan internet dijamin dengan Service Level Agreement (SLA).

Perbedaan Paket Internet Broadband dan Paket Internet Dedicated
Perbedaan Paket Internet Broadband dan Paket Internet Dedicated

Semoga dari apa yang sudah dijelaskan secara ringkas mengenai perbedaan antara internet broadband dan internet dedicated, dapat sedikit menambah wawasan kita terhadapat segala bentuk perkembangan yang terjadi, agar nantinya dapat pula kita jadikan sesuatu yang bermanfaat yang dapat dirasakan bersama-sama. Selamat siang, selamat beraktivitas,…

Berikut Perbedaan Paket Internet Broadband dan Paket Internet Dedicated
Berikut Perbedaan Paket Internet Broadband dan Paket Internet Dedicated

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SKINET Sumber Koneksi Indonesia Provider Paket Internet Kantor Fiber Optik Wireless Dedicated Terbaik Stabil Cepat Murah untuk kantor pemerintah dinas instansi terdaftar di lkpp lpse cir 1 banding 1 sla tinggi 99,5%