3 Faktor Penyebab Koneksi Internet Buruk

3 Faktor Penyebab Koneksi Internet Buruk

 

Sebagian pengguna layanan internet pastinya pernah bertanya kenapa koneksi internet yang mereka gunakan lambat? Hal semacam itu tentunya tak akan timbul dengan sendirinya, yang artinya ada faktor penyebab terjadinya gangguan yang dialami oleh koneksi internet yang kalian gunakan.

Sedikitnya ada tiga faktor utama yang mempengaruhi kualitas koneksi internet dalam menggunakan data, yaitu faktor dari operator, faktor yang datang dari adanya pihak ketiga, dan faktor dari si penggunanya itu sendiri.

Faktor dari Operator

Untuk menguji sebuah kualitas sebuah jaringan operator, para pengguna dapat mengukur kecepatan akses layanan data melalui beberapa aplikasi, Speed Test atau Open Signal. Namun, jika ternyata hasil pengecekan kecepatan internet yang dicek sudah bagus tetapi internet masih tetap lemot, ada faktor lain yang setidaknya bisa mempengaruhi hal tersebut.

beberapa hal Faktor Penyebab Koneksi Internet Buruk
beberapa hal Faktor Penyebab Koneksi Internet Buruk

Faktor Pihak Ketiga

Penyebab lain yang dapat mempengaruhi koneksi internet bisa disebabkan oleh faktor pihak ketiga. Misalnya dari layanan aplikasi atau situs-situs yang sedang kalian gunakan. Sebuah aplikasi pada umumnya berjalan dengan perantara sebuah server. Jika saja nanti kalian tiba-tiba merasakan kecepatan internet kalian menjadi lambat, penyebabnya bisa saja terjadi dari server aplikasi yang sedang penuh atau overload. Namun, hal semacam ini tentunya tidak berlaku untuk semua aplikasi. Kemungkinan internet yang lambat tadi hanya terjadi dan dirasakan hanya pada satu aplikasi saja. Selain kapasitas server, lokasi server juga bisa mempengaruhi performa pengiriman data.

Faktor Penggunanya

Seandainya faktor operator dan faktor pihak ketiga tidak ditemui kendala-kendala tersebut, namun internet tetap lemot, berarti faktor dari penggunanya itu sendirilah yang patut untuk  di cek guna mengetahui kendala tersebut. Faktor lokasi dan posisi dari pelanggan bisa sangat berpengaruh terhadap koneksi sinyal. Kelancaran saat berinternet dapat saja menjadi terganggu jika posisi dari pengguna terhalang oleh dinding gedung dengan tembok tebalnya. Sinyalpun juga akan terganggu jika pengguna sedang berada didalam sebuah basement.

3 Faktor Penyebab Koneksi Internet Buruk
3 Faktor Penyebab Koneksi Internet Buruk

Dari 3 faktor tersebut, setidaknya sudah memberikan kita sedikit pemahaman tentang segala kendala yang terjadi yang menyebabkan koneksi internet yang kita gunakan tidak sesuai dengan harapan yang kita inginkan. Semoga, dari ringkasnya penjelasan diatas tadi dapat menjadi sebuah manfaat yang dapat digunakan dilain waktu. Selamat siang, selamat beraktivitas,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SKINET Sumber Koneksi Indonesia Provider Paket Internet Kantor Fiber Optik Wireless Dedicated Terbaik Stabil Cepat Murah untuk kantor pemerintah dinas instansi terdaftar di lkpp lpse cir 1 banding 1 sla tinggi 99,5%