Enterprice resource planning dalam perusahaan, sumber: matkul.xyz

Table of Contents

Sistem Informasi Manajemen Perusahaan, Ini Jenis yang Direkomendasikan!

Sadar atau tidak, setiap orang pasti pernah menerapkan sistem manajemen dalam rutinitas hariannya. Sistem informasi manajemen terjadi ketika seseorang berusaha untuk mengoordinasikan dan mengatur setiap hal yang terjadi dalam kehidupan. Mulai dari pengaturan keuangan, kegiatan dan lain sebagainya.

Dalam ruang lingkup perusahaan, kita mengenal istilah sistem informasi manajemen (SIM) perusahaan, yang memiliki peranan yang cukup krusial. Sebab, sistem manajemen bisa membantu perusahaan untuk mengontrol serta mengawasi kinerja karyawan dalam kurun waktu tertentu. Sehingga, perusahaan bisa menjadi institusi yang sukses dan berhasil.

Seiring dengan kemajuan zaman yang serba instan dan digital, sistem informasi manajemen perusahaan sekarang ini telah banyak mengalami perkembangan dan perubahan. Hal tersebut membuat sistem informasi manajemen perusahaan berevolusi menjadi sistem informasi manajemen yang bisa mengolah data berharga dari informasi yang tersedia.

Pengertian dan Jenis Sistem Informasi Manajemen Perusahaan

Umumnya, sistem informasi manajemen perusahaan adalah sistem yang sengaja dibuat dengan maksud untuk mengendalikan kinerja perusahaan yang melibatkan manusia, dokumen, prosedur dan juga teknologi. Keberadaan SIM dalam perusahaan dapat membuat kinerja perusahaan bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Dalam penerapannya, sistem informasi manajemen mempunyai beberapa jenis yang bisa memberikan manfaat yang perusahaan Anda butuhkan. Beberapa jenis SIM tersebut sering kali digunakan oleh perusahaan atau instansi pemerintah. Apa saja jenis SIM yang dimaksud? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Supply Chain Management

Jenis SIM perusahaan pertama yang seringkali digunakan oleh perusahaan adalah SCM (supply chain management). Dengan sistem ini, perusahaan akan mempunyai data yang saling terkoneksi. Isi datanya beragam, mulai dari data pemasok hingga keluhan pelanggan secara online.

Ketika perusahaan menerapkan sistem manajemen supply chain, semua catatan detil yang berhubungan dengan penyediaan bahan baku yang dilakukan oleh perusahaan dapat ditemukan. Dengan demikian, manajemen perusahaan akan sangat mudah dikontrol.

Ilustrasi SIM supply chain management, sumber: fmbpartner.com
Ilustrasi SIM supply chain management, sumber: fmbpartner.com

2. Office Automation System

Sistem informasi manajemen yang mengintegrasikan server komputer milik perusahaan ini disebut dengan office automation system (OAS). Fungsi dari SIM satu ini adalah sebagai aplikasi yang mampu menyatukan perangkat komputer dalam sebuah perusahaan dalam suatu wadah yang terkoneksi satu dengan lainnya.

Tujuan dari penggunaan sistem satu ini adalah untuk memperlancar komunikasi yang berjalan antara departemen dalam sebuah perusahan. Sebagai contoh, ketika ingin mengirim email atau pesan kepada departemen lain, karyawan bisa langsung melakukannya dengan aplikasi OAS.

Kebutuhan akan pelayanan umum seperti Yahoo, Gmail serta media sosial lainnya juga menjadi lebih minim. Dengan demikian, komunikasi intra perusahaan menjadi lebih eksklusif dan terjaga kerahasiaannya.

3. Knowledge Work System

Selain tiga jenis di atas, ada juga SIM dengan istilah knowlwdge work system (KWS). Penggunaan sistem satu ini, memungkinkan bagi perusahaan untuk dapat membagi informasi atau pengetahuan baru dan akan langsung terintegrasi ke semua departemen dalam perusahaan.

Sehingga, seluruh karyawan bisa mengakses informasi tersebut dan membantu bidang pekerjaan yang sedang dikerjakan. Dengannya, kinerja perusahaan bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Hal tersebut memudahkan karyawan dalam menyelesaikan tugas tanpa perlu repot mencari data dan informasi terkait terlebih dahulu.

4. Enterprise Resource Planning

Berikutnya adalah SIM yang dikenal dengan nama enterprice resource planning atau ERP. SIM jenis satu ini sering digunakan oleh perusahaan besar. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk digunakan juga oleh perusahaan dengan skala yang lebih kecil.

Enterprice resource planning dalam perusahaan, sumber: matkul.xyz
Enterprice resource planning dalam perusahaan, sumber: matkul.xyz

Dengan menggunakan SIM satu ini, manajemen perusahaan bisa senantiasa terkontrol dan perusahaan bisa mengelola semua unit yang berada di lingkup perusahaannya. Dengan begitu, pengawasan yang dilakukan akan menjadi lebih maksimal dan lebih efisien.

5. Executive Support System

SIM ini berfungsi untuk membantu manajer dalam berkomunikasi dengan anak buahnya. SIM ini bisa memudahkan manajer untuk mengomunikasikan grafik dan juga informasi pendukung kepada anggota perusahaan yang berada di bawah tanggung jawabnya.

Apabila komunikasi antara manajer dan bawahannya menggunakan sistem ini berjalan dengan baik, besar kemungkinan kinerja perusahaan akan berkembang lebih pesat. Jadi, apabila pada sebuah perusahaan, interaksi antara atasan dengan karyawan biasa terjalin dengan intens, sangat direkomendasikan menggunakan sistem satu ini.

6. Teknologi Expert System dan Artificial Intelligence

SIM ini dianggap yang paling modern dan mempunyai potensi yang cukup tinggi dalam proses meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan menggunakan expert system dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan, perusahaan akan bisa menjalankan aktivitas yang dulunya hanya bisa dikerjakan oleh SDM profesional.

Sampai sekarang, teknologi dalam sistem satu ini bisa menganalisis sebuah masalah dan berusaha memecahkannya. Lebih dari itu, kinerja yang dijalankan oleh sistem ini bisa selesai dalam waktu yang singkat apabila sudah diprogram dengan baik. Sehingga, perusahaan bisa mendapatkan hasil yang sesuai.

7. Informatic Management System

Dalam penggunaan SIM satu ini, sistem akan diprogram agar bisa membantu pekerjaan yang dilakukan oleh manusia penggunanya. Dengan demikian, sistem tersebut bisa memudahkan tugas yang dimiliki perusahaan.

Tidak hanya itu, dalam kondisi tertentu, sistem satu ini mampu menganalisis keputusan yang perlu diambil perusahaan. Proses pengambilan keputusan tersebut dengan cara menggabungkan program komputer dari SIM dengan sekumpulan informasi dan data yang dimiliki oleh perusahaan.

8. Decision Support System

Apabila perusahaan dirasa sering mengalami kesulitan ketika hendak mengambil keputusan, itu berarti Anda harus mengguakan SIM jenis satu ini. Dengan menggunakan sistem informasi manajemen perusahaan satu ini, proses pengambilan keputusan yang sebelumnya susah, akan menjadi lebih mudah.

SIM ini akan memperhitungkan lingkungan kantor atau perusahaan agar manajer bisa mengambil keputusan yang lebih tepat. Jadi, dengan menggunakan sistem ini, manajer mampu menyajikan keputusan paling tepat dengan mempertimbangkan kondisi perusahaan pada waktu itu.

Ilustrasi penggunaan sistem informasi manajemen perusahaan decision support system, sumber: foreseemed.com
Ilustrasi penggunaan decision support system, sumber: foreseemed.com

9. Transaction Processing System

Kegiatan transaksi adalah hal yang krusial dan tidak bisa dipisahkan dari setiap perusahaan yang sifatnya profit. Sebab, transaksi ini berkaitan langsung dengan kondisi financial. Apabila terjadi sedikit saja kesalahan dalam hal ini, maka perusahaan berpotensi mengalami kerugian financial.

Untuk meminimalisir hal tersebut, banyak perusahaan yang memanfaatkan SIM satu ini. Dengan sistem informasi manajemen perusaahn tersebut, perusahaan akan mempunyai sistem transaksi yang terintegrasi serta efektif.

10. Group Decision Support System (GDSS)

Sesuai dengan namanya, sistem informasi manajemen satu ini mirip dengan SIM DSS di atas. Bedanya, sistem ini lebih menjurus pada solusi untuk kegiatan yang basisnya berkelompok. Jadi, skala analisa yang dikerjakan oleh SIM ini lebih besar dibandingkan SIM DSS, dengan proses per individu.

Cara kerja dari SIM ini adalah dengan mengumpulkan terlebih dahulu informasi yang dibutuhkan perihal suatu group atau kelompok dalam sebuah perusahaan. Proses pengumpulan informasi tersebut bisa dilakukan dengan menyebar kuisioner, skenario serta layanan konsultasi. Jadi, tak heran jika perusahaan bisa mengambil keputusan dalam skala besar dalam waktu singkat dengan akurat.

Demikianlah ulasan mengenai sistem informasi manajemen perusahaan yang bisa kami paparkan untuk Anda sekalian. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda tentang dunia teknologi dan bermanfaat bagi Anda dalam melakukan manajerial dalam perusahaan yang Anda miliki.

Jika Anda ingin mendapatkan berbagai informasi lain seputar teknologi dan sejenisnya, Anda bisa mengujungi website kami. di sana Anda akan mendapatkan banyak artikel yang mengakomodasi hal tersebut. Salah satunya adalah artikel yang berjudul jenis website e commerce yang banyak digunakan berikut ini.