Table of Contents

Jenis Website E Commerce yang Banyak Digunakan

Website E Commerce – Penggunaan teknologi di era digitalisasi sekarang ini semakin meningkat, terutama bagi para pelaku bisnis di tanah air sudah mulai menerapkan sistem digitalisasi di berbagai aspek dan bidang. Selain industri dan perusahaan besar, penggunaan teknologi juga oleh pebisnis rintisan.

Sekarang ini di seluruh dunia, secara khusus di Indonesia telah menggunakan sistem e commerce. Website e commerce sendiri sudah tidak asing lagi di telinga kita, secara umum masyarakat Indonesia.

Secara kebahasaan e commerce berarti perdagangan elektronik. Dari penggunaan istilah, e commerce adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan transaksi antara penjual dan pembeli yang dilakukan melalui media elektronik. Contoh elektronik antara lain seperti internet, televise, smartphone dan sejenisnya.

Sebagian besar dari startup di Indonesia telah banyak membuka jasa layanan pembuatan website e commerce. Kemudian, masyarakat di Indonesia banyak yang terlibat dari segala aspek seperti produsen, konsumen, administrator bahkan pembuatan app e commerce atau developer.

Jenis Website E Commerce

Dalam website e commerce sendiri ada berbagai jenis dan bentuk transaksi yang tidak hanya dilakukan oleh produsen ke konsumen saja. Setidaknya ada 6 jenis website e commerce yang dibagi sesuai dengan objek dalam transaksinya.

Website E Commerce - Penggunaan teknologi di era digitalisasi sekarang ini semakin meningkat, terutama bagi para pelaku bisnis di tanah air sudah mulai menerapkan sistem digitalisasi di berbagai aspek dan bidang. Selain industri dan perusahaan besar, penggunaan teknologi juga oleh pebisnis rintisan.
Ilustrasi website e commerce, sumber: bantendesain.com

1. Business to Business

Dalam hal ini, perusahaan menjual layanan kepada perusahaan yang lain. Hal ini akan sangat mudah dilakukan jika menggunakan sistem e commerce. Contohnya adalah sebuah perusahaan menawarkan jasa pembuatan perlengkapan komputer bagi perusahaan lain.

2. Business to Consumer

Selanjutnya yang juga sering dijumpai pada aplikasi atau website e commerce adalah perusahaan yang menjual barang dan jasa kepada konsumen atau pembeli. Pada umumnya, proses tersebut selalu dijumpai ketika Anda melakukan proses transaksi pada toko online.

3. Consumer to Consumer

Bukan hanya dari aspek bisnis saja yang menjadi produsen. Konsumen juga bisa melakukan aktivitas transaksi dengan konsumen yang lain. Dalam pengertian ini, konsumen biasanya akan menjual produk yang telah dibelinya dari bisnis kepada konsumen lainnya.

4. Consumer to Business

Selanjutnya, konsumen juga bisa menawarkan barang dan jasa kepada seorang perbisnis. Misalnya seperti seorang desainer grafis, akan menawarkan jasanya untuk membuat sebuah desain untuk pembuatan sebuah web yang menawarkan makanan olahan.

5. Business to Publik Administration

Jenis website e commerce ini hampir mirip dengan business to business, akan tetapi business akan menawarkan sebuah jasa atau barang pada lembaga pemerintahan. Contohnya adalah setiap startup yang menawarkan jasa untuk pembuatan website yang mencakup sistem informasi pemerintahan atau governance.

Jenis website e commerce ini hampir mirip dengan business to business, akan tetapi business akan menawarkan sebuah jasa atau barang pada lembaga pemerintahan. Contohnya adalah setiap startup yang menawarkan jasa untuk pembuatan website yang mencakup sistem informasi pemerintahan atau governance.
Ilustrasi e commerce publik, sumber: google.com

6. Consumer to Publik Administration

Selain pada bisnis, seorang konsumen juga bisa menawarkan jasanya pada lembaga pemerintahan. Contoh dari jenis ini adalah seorang konsumen menawarkan jasa cyber security untuk melindungi sistem keamanan pada sistem informasi pemerintahan.

Metode Pembayaran Website E Commerce

Metode pembayaran yang bisa dilakukan melalui website e commerce sangat beragam. Selain ditinjau dari aspek kecepatan, metode pembayaran yang dilakukan juga efisien serta tidak hanya menggunakan metode konvensional seperti tempo dulu. Berikut ini beberapa metode pembayaran yang biasanya digunakan.

1. Pembayaran dengan Sistem COD

Metode pembayaran satu ini selalu dijumpai pada setiap website e commerce terutama di tanah air sendiri. Metode COD juga bisa disebut dengan istilah banyak di tempat. Hal ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Sebab pembeli akan membayarkan uang pada produsen melalui pihak distributor atau pihak ketiga.

Contoh distributor di sini adalah JNE, Express dan sejenisnya, selain mudah dalam proses pembayaran, pembeli juga mendapatkan rasa aman karena barang telah diantarkan ke rumah dan dapat dibuktikan kualitas produk yang dikirim.

Namun demikian, pada bahasan fiqh muamalah, Anda sebagai seorang muslim juga peril mendalami hukum dari transaksi kontemporer tersebut. Apakah dibolehkan secara mutlak atau boleh dengan syarat.

Salah satu pendapat mengatakan COD boleh dengan syarat, perjanjian di awal tidak mengikat kedua belah pihak, artinya keduanya masih bisa membatalkannya setelah produk dilihat speknya.

Metode pembayaran satu ini selalu dijumpai pada setiap website e commerce terutama di tanah air sendiri. Metode COD juga bisa disebut dengan istilah banyak di tempat. Hal ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Sebab pembeli akan membayarkan uang pada produsen melalui pihak distributor atau pihak ketiga.
ILustrasi metode pembayaran cash on delivery, sumber: ndecargo.co.id

2. Pembayaran dengan Media Elektronik

Sekarang ini pembayaran dengan media elektronik sangat umum digunakan terutama saat sebagian orang merasa malas atau terlalu sibuk dengan kegiatan di rumah atau di kantor. Oleh sebab itu, banyak yang memanfaatkan website e commerce ini sebagai sarana untuk melakukan transaksi yang sekarang ini telah dilengkapi dengan fitur dompet digital.

Sekarang ini, fitur dompet digital ini sangat populer di masyarakat di tanah air dan di berbagai penjuru dunia. Contoh yang sedang populer sekarang ini adalah gopay, ovo, dana dan lain sebagainya.

3. Pembayaran dengan Rekening

Selain menggunakan metode COD dan dompet digital, metode pembayaran juga bisa dilakukan dengan metode rekening. Pembayaran metode ini sangat biasa Anda jumpai dan dilakukan sebagian orang yang mempunyai ATM di sebuah bank konvensional maupun syariah.

Aktivitas ini sangat mudah untuk dilakukan. Sebab, pembeli atau user hanya akan mengintegrasikan nomor rekening dari bank untuk dapat di akses oleh website e commerce.

Demikianlah tulisan singkat dengan tema website e commerce yang bisa kami paparkan untuk Anda. semoga informasi ini bisa memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan pada Anda sekalian.

Untuk menambah pengetahuan Anda, kami juga memberikan rekomendasi pada Anda untuk membaca tulisan kami yang lain dengan tema tool software android untuk pengembangan perangkat berikut ini.