Google suite bermanfaat untuk perusahaan, sumber: blog.eikontechnology.com

Table of Contents

Manfaat Google Suite, Apa Bedanya dengan Google Biasa?

Manfaat Google Suite – Dewasa ini, pengaruh dari perkembangan dan kemajuan teknologi sudah semakin sulit untuk dibendung. Apabila Anda tidak mau menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada, sudah bisa dipastikan bisnis yang Anda jalankan menjadi tertinggal dan tidak bisa bersaing dengan pesaing yang lebih modern.

Ada banyak inovasi digital yang sekarang ini bisa mempermudah aktivitas Anda sehari-hari. Salah satunya adalah aplikasi digital berbasis cloud keluaran Google yang bisa disebut dengan Google Suite atau bisa Anda singkat menjadi G Suite.

Google suite merupakan suatu layanan yang bisa mengedepankan kolaborasi serta mobilitas guna menyempurnakan kebutuhan teknologi informasi di era disrupsi digital seperti sekarang ini. Untuk Anda yang sering berkutat dengan IT, fitur dari Google ini tentu sudah tidak asing lagi.

Namun, untuk Anda yang masih awam mengenai keuntungan dan manfaat Google Suite dalam kehidupan, khususnya untuk bisnis. Nah, untuk Anda yang masih bingung, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Google Suite?

Sebagai sebuah produk digital keluaran perusahaan teknologi raksasa dunia (Google), Google Suite ini memiliki jumlah pengguna yang cukup masif. Sekarang ini, begitu banyak sekali pekerjaan, terutama yang berbasis online yang membutuhkan fasilitas dan juga fitur yang disediakan oleh G suite ini. Misalnya untuk berkomunikasi atau berbagai dokumen.

Google suite bermanfaat untuk perusahaan, sumber: blog.eikontechnology.com
Google suite bermanfaat untuk perusahaan, sumber: blog.eikontechnology.com

Secara singkat, G Suite adalah produk aplikasi atau perangkat lunak yang bertugas sebagai layanan software as service. Peran dari tool software android ini merupakan pengelompokan seluruh perangkat produktivitas serta kolaborasi dengan basis cloud untuk keperluan berbisnis, organisasi nirlaba dan juga lembaga.

Pada 12 tahun silam, di mana perangkat ini dirilis, G Suite lebih dikenal dengan Google Apps for Your Domain. Pada awal mulanya hanya ada beberapa fitur dan fasilitas saja, seperti Gmail, Google Calender, Gtalk dan G page creator. Sekarang sudah ada fitur lain seperti Hangouts, G Drive, D docs, Slides, Keep, Form, Sheets dan lainnya.

Beda Antara G Suite dan G Biasa

Hampir semua produk yang luncurkan oleh Google dapat dinikmati secara gratis oleh para penggunanya. Namun, hal tersebut berbeda dengan produk Google Suite ini. Hal itu disebabkan platform ini menyediakan berbagai fitur tambahan yang bisa meningkatkan kinerja perusahaan agar menjadi lebih efektif.

Berbagai fitur tambahan seperti kalender bersama storage atau penyimpanan berbasis cloud opsional dengan kapasitas tanpa batas, kontrol admin hingga alat untuk memindahkan data secara sederhana guna mentransfer seluruh data berharga milik bisnis yang disediakan oleh layanan tersebut.

Di lain sisi, G Suite juga telah dilengkapi dengan sistem manajemen perangkat seluler. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mengaktifkan dan menonaktifkan smart phone, mengontrol aplikasi yang diaktifkan dan menghapus perangkat apabila diketahui ada karyawan yang melakukan aktivitas di luar kebijakan dan aturan perusahaan.

Bukan sekedar itu, dengan jika Anda menggunakan perangkat satu ini, Anda juga akan diberikan fasilitas alamat email yang bisa dibuat secara khusus menggunakan domain tertentu. Jika pada G biasa nama domainnya @gmail.com, maka pada G Suite @namaperusahaan.com.

Tampilan beberapa fitur google suite ,sumber: glints.com
Tampilan beberapa fitur google suite ,sumber: glints.com

Biaya Berlangganan Google Suite

Layanan ini meliputi fasilitas penyimpanan atau drive bersama bagi seluruh user dengan kapasitas sampai 30 GB. Layanan ini sudah termasuk semua perangkat produktivitas yang dimiliki oleh Google, namun tanpa disertai dengan fitur cloud search. Untuk detil harganya Anda bisa mengeceknya sendiri situs terkait.

Berbagai Hal yang Bisa Dioperasikan oleh Pengguna

Setelah Anda mengetahui biaya berlangganannya, lantas apa yang membuat G Suite ini harus Anda gunakan. Tentu saja ada berbagai gal yang bisa dikerjakan oleh pengguna, yang tidak bisa dilakukan oleh pengguna layanan G biasa.

1. Pengelolaan Pengguna

Pengguna G Suite dapat mengelola pengguna dengan mudah dan praktis, termasuk dalam menambahkan dan menghapus akun. Lebih dari itu, pihak admin juga bisa mengelola serta mengelompokkan pengguna sesuai denan departemen dan jabatannya. Bahkan, riwayat login terakhir bisa Anda cek dan Anda bisa membatasi pemakaian akun emailnya.

2. Profil Perusahaan

Dengan G Suite, Anda bisa memperbarui informasi perusahaan serta melakukan personalisasi akun G Suite menggunakan logo perusahaan. Anda juga bisa membuat URL khusus bagi penggunanya ketika memanfaatkan berbagai aplikasi milik Google.

3. Pengelolaan Perangkat

Berikutnya, pengelolaan perangkat bisa memudahkan Anda untuk mengamankan serta menjaga data perusahaan atau bisnis pada semua perangkat yang terkoneksi akun layanan tersebut. Anda juga bisa melihat sejumlah perangkat seluler serta G chrome yang terhubung yang ditautkan pada akun penggunanya.

4. Fitur Keamanan

Hal terakhir yang bisa kamu kelola adalah fitur keamanan yang ada pada perangkat Google. Dalam hal ini, manajemen, pemantauan password sampai pengaturan pada sistem masuk tunggal atau single sing on atau SSO. Fitur keamanan ini menjamin akun serta data milik bisnis perusahaan agar tetap aman ketika berada di dalam cloud atau komputasi awan.

Sudah dilengkapi dengan fitur keamanan, sumber: pointstar.co.id
Sudah dilengkapi dengan fitur keamanan, sumber: pointstar.co.id

Manfaat Google Suite untuk Pengguna

Ada banyak manfaat Google Suite yang bisa Anda dapatkan dan rasakan jika menjadi pengguna dari perangkat satu ini. Apa saja manfaat Google Suite tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Mendorong Kolaborasi Tim

Perangkat satu ini telah dilengkapi dengan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengerjakan sebuah dokumen secara bersama-sama. Semua proses pengeditan pada dokumen tersebut bisa ditampilkan secara langsung atau real time dan disimpan dikomputasi awan.

Melalui pengaturan akses pula, Anda bisa melakukan proses pengeditan pengguna serta peran lainnya, guna meningkatkan kolaborasi proyek. Ada juga sistem obrolan yang bisa dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi serta berbagi ide bersama anggota lainnya.

2. Jaminan Keamanan Data yang Tinggi

Anda bisa menyimpan semau dokumen dan data pada layanan perangkat ini dengan aman. Jadi, Anda tidak perlu takut akan risiko kehilangan data dan bisa mengaksesnya kapan saja dengan mudah. Hal ini sangat bermanfaat di tengah era kerja jarak jauh mulai marak seperti sekarang ini.

3. Menghemat Biaya

Bagi pihak manajer perusahaan, Google Suite ini adalah perangkat andalah dengan berbagai keunggulan yang diberikan. Dengan biaya berlangganan yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan, Google Suite menyediakan berbagai fitur pamungkas, seperti e discovery, open API dan lain sebagainya.

Lebih hemat biaya, sumber: blog.amartha.com
Lebih hemat biaya, sumber: blog.amartha.com

Demikianlah sekilas penjelasan tentang apa itu Google Suite, keunggulan dan manfaat Google Suite yang bisa Anda rasakan. Perangkat satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki bisnis secara online.

Anda juga disarankan untuk membaca tulisan kami dengan judul jenis sistem informasi manajemen perusahaan yang direkomendasikan agar mendapatkan wawasan mengenai perangkat lain yang bisa membantu kegiatan perusahaan Anda. Selamat membaca!