Hal Terpenting Dalam Memilih Jenis Koneksi Internet untuk Kantor Corporate

Table of Contents

Hal Terpenting Dalam Memilih Jenis Koneksi Internet untuk Kantor

Akses internet yang kalian manfaatkan kegunaannya sekarang ini memiliki pengertiannya sebagai sebuah kemampuan dari sebuah individu maupun organisasi untuk dapat terhubung keberbagai perangkat, seperti komputer, laptop, smartphone, tablet dan sebagainya demi memudahakan segala macam bentuk aktivitas.

Terdapat 5 macam jenis koneksi internet yang digunakan oleh khalayak umum yang dimanfaatkan penggunaannya saat ini, seperti koneksi internet dengan satelit sebagai medianya, DSL, kabel modem, wireless, dan yang paling mutakhir, dan sangat populer digunakan saat ini yaitu, fiber optik.

Untuk mengetahui jenis koneksi internet yang mana dan seperti apa yang dirasa paling tepat guna menunjang bisnis kalian, maka, simak beberapa penjelasan mengenai ke lima koneksi internet yang disebutkan diatas tadi, juga tips jitu bagaimana cara memilihnya seperti dibawah ini.

Jenis-Jenis Koneksi Internet Untuk Kantor

  • Internet satelit atau V_SAT menjadi salah satu jenis koneksi internet yang pertama kali akan kita bahas, yang mana, jenis koneksi ini memanfaatkan satelit yang mengorbit di luar angkasa.

 

Memiliki kemampuan download-nya sekitar 500 Kbps, sedangkan kemampuan untuk meng-upload nya berada diangka 80 Kbps, yang jika harus dibandingkan dengan dari segi kecepatannya masih berada dibelakang ke empat jenis koneksi lainnya, namun, memiliki keunggulannya sebagai salah satu jenis koneksi yang cocok digunakan di area- area yang dirasa masih sangat terpencil.

 

  • Digital Subscriber Line (DSL)

 

Memanfaatkan jaringan layanan telepon konvensional yang terdapat di rumah atau perkantoran yang sudah terpasang lebih dahulu.

 

Koneksi ini dapat mengunduh dan mengunggah data dengan kecepatan ratusan hingga jutaan bit per detik (1Mbps), yang mana, ketersediaan dan kecepatan layanan yang dimilikinya sangat tergantung dari pada jarak lokasi kalian berada ke fasilitas penyedia layanan internet terdekat.

 

  • Kabel Modem

 

Kabel modem memanfaatkan kabel coaxial (koaksial) yang digunakan mengirimkan gambar dan suara kepada perangkat TV kalian.

 

Memiliki kecepatan yang cukup tinggi, dikisaran 1,5 Mbps atau lebih, akan tetapi kemampuan dari kecepatannya tersebut bisa saja turun jika digunakan oleh banyak pengguna disaat yang bersamaan.

 

  • Wireless

 

Wireless / nirkabel atau tanpa kabel memanfaatkan gelombang radio antara lokasi dimana kalian berada dengan fasilitas dari si penyedia layanan tersebut, yang memiliki kecepatan yang hampir setara dengan koneksi DSL dan kabel modem, yaitu puluhan Mbps.

 

Kekurangan yang dimiliki oleh jenis koneksi yang satu ini adalah tidak akan dapat memancarkan koneksi internetnya dengan baik apabila terhalang oleh beberapa jenis barang tertentu dan struktur rumah tangga, juga minimnya tingkat keamanan.

 

  • Fiber Optic

 

Jenis koneksi ini memanfaakan kabel serat optik yang tertanam dibawah tanah atau laut, yang mana jenis koneksi ini dianggap menjadi salah satu jenis koneksi yang tercepat untuk saat ini.

 

Harga yang cukup tinggi dirasa menjadi salah satu kelemahan yang dimiliki oleh salah satu jenis koneksi internet ini dibandingkan dengan jenis koneksi internet yang lain.

 

Beberapa Hal Penting Dalam Memilih Koneksi Internet untuk Kantor ataupun Bisnis anda

 

  • Kebutuhan Jelajah

 

Kecepatan berselancar di dunia maya menjadi hal penting yang harus kalian pertimbangkan pada saat memilih koneksi internet untuk bisnis.

 

Lalu, bagaimana caranya kita dapat menentukan kebutuhan jelajah yang nantinya akan kita lakukan?

 

Untuk dapat mengetahuinya, kalian bisa melihat dari berapa orang karyawan yang ada di perusahaan tersebut, lalu kalian bisa melihat dari berapa besar data yang ditransmisikan oleh setiap pekerja lewat internet.

 

Perusahaan dengan jumlah karyawan yang hanya terdiri dari puluhan orang dan sering melakukan video conference sekurang-kurangnya membutuhkan koneksi internet dengan kecepatan 50-75 Mbps.

 

Sedangkan untuk perusahaan yang memiliki karyawannya lebih dari itu, sebaiknya memakai koneksi internet denga kecepatan 75 Mbps ke atas.

 

  • Layanan Pelanggan

 

Hal berikutnya adalah mengenai adanya layanan pelanggan yang tak berbayar alias sudah termasuk sekaligus dengan koneksi internet yang kalian pilih.

 

Oleh karena, setiap bisnis akan mengalami kendalanya masing-masing, untuk itu, ada baiknya jika kalian mencari penyedia layanan internet atau ISP (Internet Service Provider) yang memiliki dukungan teknisi yang handal, dimana, selain akan menghemat waktu, namun juga akan menghemat pengeluaran perusahaan tersebut.

Hal Terpenting Dalam Memilih Jenis Koneksi Internet untuk Kantor
Hal Terpenting Dalam Memilih Jenis Koneksi Internet untuk Kantor
  • Presentase Downtime

 

Downtime bisa diartikan sebagai masa manakala koneksi internet tidak tersedia sebagaimana mestinya, yang bisa terjadi akibat dari kegagalan fungsi sistem, kejadian yang tak terduga, atau proses pemeliharaan berkalanya.

 

Biasanya, para penyedia layanan / provider internet memberikan presentase downtime tahunannya mendekati angka diatas 99%, yang mana, angka tersebut hanyalah bentuk dari sebuah proyeksi dari masing-masing penyedia layanan / provider internet.

 

Maka dari itulah, ada baiknya lagi bagi kalian untuk memastikan ulang dan menyiapkan back-up menggunakan Perjanjian Tingkat Layanan atau Service Level Agreement (SLA).

 

  • Service Level Agreement (SLA)

 

Service Level Agreement atau Perjanjian Tingkat Layanan merupakan kontrak kerja sama antar dua entitas yang berisi propabilitas serta solusi yang ditawarkan oleh pihak penyedia layanan untuk perusahaan yang menggunakan layanannya tersebut.

 

Kontrak ini dianggap sangat penting apabila terjadi sesuatu hal yang sekiranya sangat tidak terduga sekali kejadiannya, seperti downtime yang lebih tinggi dari proyeksi  presentase downtime tahunan di waktu-waktu kalian menggunakan koneksi internet dari penyedia layanan tersebut.

 

  • Batas Data

 

Tak jarang dari penyedia layanan internet yang ada memasarkan koneksi internetnya dengan sistem pembatasan data, yang berarti, kalian harus menambah biaya lagi apabila pemakaian internet di perusahan tersebut sudah melebihi dari batas data yang ditentukan.

 

Aturan-aturan seperti itu kerap ditemukan pada jenis koneksi DSL, kabel modem dan juga fiber optik.

Semoga penjelasan singkat mengenai beberapa hal penting dalam memilih koneksi internet yang sangat sesuai untuk digunakan untuk bisnis tadi dapat menjadi salah satu acuan yang nantinya akan kalian gunakan juga dalam memilih jenis koneksi seperti apa yang nantinya cocok untuk kalian gunakan.

Selamat siang, selamat beraktivitas,…