5 Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Provider Internet / ISP Dedicated Untuk Kantor, Pabrik, Instansi pemerintah atau apapun bisnis anda di Indonesia

5 Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Provider Internet ISP Dedicated Untuk Kantor, Pabrik, Instansi pemerintah atau apapun bisnis anda di Indonesia

 

Di era yang serba cepat sekarang ini, kebutuhan akan internet sama pentingnya dengan utilitas lain yang dipakai sehari-hari. Sebagian besar kantor menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan pelanggan (chat, email, dll). Sementara di lingkup perumahan lebih banyak difungsikan untuk hiburan. Jadi, provider internet yang dipilih juga harus bisa mendukung dua fungsi itu dengan baik.

Provider layanan internet (ISP) adalah kunci menuju dunia online. Karena melalui jasa mereka Anda dapat mengakses internet dari berbagai laptop, tablet, ponsel, dan sebagainya. Jika Anda termasuk pelanggan baru yang belum mengenal internet dan bagaimana memilih provider yang tepat maka Anda bisa terjebak dalam beberapa opsi. Untuk itu panduan berikut akan sedikit membantu Anda.

Bagaimana Memilih Provider Internet Yang Baik?

  1. Ketersediaan layanan

Sebagian bisnis yang berlokasi di pedesaan mungkin agak sulit dalam mengakses internet. Sehingga sebaik apapun koneksi internet kabel atau serat optik, maka tidak akan berguna jika tidak ada penyedia internet yang melayani area tersebut. Untuk itu, bisnis atau rumah di pedesaan umumnya hanya memiliki opsi berupa internet satelit, beberapa jenis broadband, atau jaringan 4G-LTE.

 

  1. Kecepatan koneksi

Ketika menjalankan sebuah bisnis, apalagi yang bersifat online, maka Anda harus memiliki internet yang cepat untuk menunjang proses. Kecepatan internet harus bisa mendukung karyawan bahkan pada titik permintaan tertinggi. Jadi jangan sampai internet Anda melambat di saat banyak yang menggunakan. Pastikan juga penyedia layanan Anda memiliki paket bandwidth untuk dibandingkan.

Bandwidth merupakan nilai kecepatan sebuah media transmisi, yang menunjukkan jumlah maksimal data yang dapat diproses per unit waktu. Sebagian besar pelanggan yang beruntung dan memiliki akses serat optik yang baik umumnya dapat mengakses internet hingga 1000 Mbps (megabits per detik). Sementara bisnis pedesaan hanya bisa mengakses koneksi DSL 3 hingga 6 Mbps.

 

  1. Biaya langganan

Agar provider internet terdengar masuk akal, maka harus ada keseimbangan antara harga dan koneksi internet. Sebagian harga mungkin terdengar mahal untuk bisnis skala kecil. Namun cukup masuk akal untuk perusahaan yang berkembang dengan lebih dari 25 karyawan. Untuk itu Anda harus mempertimbangkan setiap pro dan kontra, serta tidak dapat menyamakan setiap harga.

 

  1. Jenis koneksi

Umumnya, jenis koneksi dapat mempengaruhi kecepatan internet yang Anda rasakan. Seperti internet satelit yang terkenal lambat (meskipun dapat mengunduh hingga 25 Mbps). Alasannya ada pada faktor fisika. Sinyal yang dikirimkan dari satelit ke luar angkasa untuk mencari situs harus menempuh jarak 22.000 mil, dan memakan waktu sampai 500 milidetik hingga sampai ke pengguna.

Meskipun kedengarannya cukup cepat, namun jika waktu tersebut ditambah dengan pemrosesan di sisi komputer server dan klien maka akan menjadi sangat lambat. Berbeda dengan jenis koneksi tradisional. Sebagian jaringan sinyal 4G-LTE bisa memproses hingga 100 milidetik. Bahkan beberapa koneksi seperti fiber optik juga mampu menawarkan latensi hingga di bawah 20 milidetik.

 

5 Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Provider Internet / ISP Dedicated Untuk Kantor, Pabrik, Instansi pemerintah atau apapun bisnis anda di Indonesia

 

  1. Keandalan

Memiliki internet yang tidak stabil umumnya bisa membuat pikiran stres dan kontraproduktif. Apalagi jika bisnis Anda tidak dapat menerima risiko gangguan koneksi internet. Jadi sebaiknya Anda mempertimbangkan penyedia internet yang dapat memberikan kontrak layanan khusus. Sehingga jika terjadi masalah koneksi di kemudian hari maka Anda tidak perlu menunggu hingga berhari-hari.

 

 

Memilih provider yang tepat untuk mendukung koneksi internet di kantor umumnya merupakan keputusan yang sangat penting. Mengingat bisnis pada era sekarang mungkin akan terhambat jika tidak ada konektivitas internet yang lancar. Jadi, jika ulasan dalam artikel di atas belum cukup membantu Anda, maka segera hubungi layanan provider kami untuk menentukan pilihan yang tepat.

SKINET Sumber Koneksi Indonesia Provider Paket Internet Kantor Fiber Optik Wireless Dedicated Terbaik Stabil Cepat Murah untuk kantor pemerintah dinas instansi terdaftar di lkpp lpse cir 1 banding 1 sla tinggi 99,5%