Provider Internet Fiber Optik sebagai provider internet Kantor

Provider Internet Fiber Optik sebagai provider internet Kantor

Internet fiber optik sudah bukan merupakan rahasia umum lagi sebagai salah satu jenis jaringan internet yang sangat populer belakangan ini. Untuk kalian ketahui, metode jaringan internet yang satu ini adalah terobosan terbaik yang pernah ada di dunia networking. Sebagian besar pengguna jaringan internet cenderung lebih memilih penggunaan internet fiber optik ketimbang dengan menggunakan media lain.

Pastinya, hal tersebut tidak terjadi dengan sendirinya tanpa didasari oleh beberapa aspek yang menjadikan sebagian pengguna jaringan internet memilihnya. Tak jarang yang tahu jika sebenarnya ada banyak sekali jenis media internet yang bisa dipilih. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kalian memahami betul apa itu fiber optik dan apa saja macam keuntungan yang bisa didapat dari penggunaannya untuk segala kebutuhan internet kalian.

Mengupas permasalahan internet fiber optik pastinya tdak akan lengkap bila tidak membahas juga mengenai kabel fiber optik itu sendiri. Kabel fiber optik itu sendiri adalah sejenis kabel yang proses pembuatannya menggunakan bahan kaca atau plastik tembus pandang yang sangat halus. Dapat dipastikan, jika media ini tentunya sangat bagus jika digunakan untuk media transmisi. Sebab, transmisi yang dilakukan adalah transmisi cahaya dengan kecepatan tinggi.

Kabel fiber optik memiliki ukuran yang sangat kecil dan halus, berdiameter hanya 120 mikrometer. Pastinya akan sedikit lebih halus jika dibandingkan dengan sehelai rambut manusia sekalipun. Namun, dari segi teknis tak usah diragukan lagi. Sebab, komponen yang terdapat didalamnya memiliki kecepatan transmisi yang sangat tinggi, dengan proses pembiasan cahaya sebagai prinsip kerja utama.

Kelebihan penggunaan  kabel fiber optik untuk koneksi internet

Kelebihan yang dimiliki oleh kabel fiber optik sebagai media perambatan internet pastinya banyak sekali. Sebab, kabel fiber optik tersebut sangat kompatibel dan dapat digunakan dengan kecepatan yang sangat tinggi disaat proses penyebaran informasi. Kecepatan yang dimiliki kabel fiber optik dapat mencapai 1000 Mbps, jauh lebih baik jika dibandingkan dengan jenis kabel Twisted Pair ataupun Kabel coaxial. Kelebihan lain yang dimiliki oleh jenis kabel ini adalah memiliki kemampuan untuk mengirimkan sinyal yang lebih baik. Namun dibalik semua kemmpuannya tersebut, jenis kabel ini memiliki keterbatasan jarak, dan hanya mampu bertahan sejauh 5 km saja. Oleh sebab itu, diperlukan repeater setiap 20 km, terlebih lagi dengan daya tahan yang sangat kuat di dalamnya.

Provider Internet Fiber Optik sebagai provider internet Kantor
Provider Internet Fiber Optik sebagai provider internet Kantor

Keuntungan lain dari penggunaan kabel fiber optik adalah memiliki daya tahan yang sangat baik disegala macam kondisi yang terjadi, baik itu dikondisi panas ataupun dingin. Hal tersebut pastinya akan memnghemat biaya perawatan bagi segala kebutuhan internet kalian.

Semoga, dari apa yang sudah dijelaskan dengan secara ringkas tadi dapat kiranya menjadi bekal kalian untuk lebih memahami segala kelebihan yang dimiliki oleh fiber optik ini. Semoga bermanfaat,…

ISP Internet Fiber Optik sebagai provider internet Kantor
ISP Internet Fiber Optik sebagai provider internet Kantor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SKINET Sumber Koneksi Indonesia Provider Paket Internet Kantor Fiber Optik Wireless Dedicated Terbaik Stabil Cepat Murah untuk kantor pemerintah dinas instansi terdaftar di lkpp lpse cir 1 banding 1 sla tinggi 99,5%