Apa itu SLA pada Internet Dedicated, dan seberapa pentingnya Bagi Bisnis

Apa itu SLA pada Internet Dedicated, dan seberapa pentingnya Bagi Bisnis

Saat suatu bisnis hendak memilih penyedia sambungan internet, salah satu bentuk pertimbangan yang paling penting adalah jenis layanan yang tersedia. Umumnya, para penyedia jasa internet menawarkan Internet Broadband atau Internet Dedicated. Tak jarang perusahaan yang memilih Internet Broadband dengan alasan biaya yang lebih terjangkau. Namun, bagi perusahaan yang selalu mengandalkan kualitas sambungan koneksinya, tentunya akan memilih Internet Dedicated sebagai pilihannya.

Internet dedicated memiliki beragam kelebihan yang dibutuhkan untuk bisnis, seperti koneksi yang stabil, bandwidth simetris antara upload dan download, serta layanan purna jual (after sales service) yang selalu tersedia selama 24 jam selama 7 hari. Dan kelebihan lain yang sangat penting dirasa adalah, ketersediaan sambungan internet dijamin dengan Service Level Agreement (SLA).

Tentunya, bagi bisnis, jaringan layanan dengan SLA sangatlah penting. SLA sendiri merupakan bentuk perjanjian yang menentukan kualitas layanan, dimana dalam hal ini adalah layanan internet yang ditawarkan oleh penyedia jasa Internet Dedicated. Dalam SLA, penyedia jasa Internet Dedicated menjelaskan jaminan kualitas sambungan internet yang akan diperoleh pengguna. Dalam perjanjian itu juga, penyedia jasa akan menjelaskan pengukuran kualitas layanan, dan ganti rugi yang bisa dituntut oleh pelanggan bila jaminan tersebut dilanggar.

Sebagai contoh, penyedia jasa bisa menjamin jika sambungan internet akan tersedia 99% selama setahun. Ini artinya, downtime sambungan internet hanya maksimum3,65 hari per tahun, atau 14,40 menit sehari. Metrik lain yang mungkin dijamin adlah Mean Time to Repair (MTTR), atau tingkat rata-rata waktu yang dibutuhkan utuk memperbaiki layanan bila terjadi masalah. MTTR 4 Jam,  berarti layanan akan dapat dipulihkan dalam waktu rata-rata 4 jam atau kurang. Beberapa metrik lain yang juga dapat diperhitungkan dalam SLA adalah latency dan packet loss.

Jika ternyata jaminan ketersediaan, MTTR, atau metrik lain dalam SLA dilanggar, maka pelanggan berhak untuk meminta kompensasi dalam bentuk pengurangan pembayaran atau keringanan lain yang juga ditawarkan.

Apa itu SLA pada Internet Dedicated, dan seberapa pentingnya Bagi Bisnis
Apa itu SLA pada Internet Dedicated, dan seberapa pentingnya Bagi Bisnis

Jaminan Sambungan Internet

Saat ini, banyak aplikasi bisnis yang diandalkan perusahaan menuntut kualitas jaringan yang andal. Contohnya adalah aplikasi kolaborasi, konferensi video, VoIP (Voice over Internet Protocol), remote desktop, dan lain-lain. Gangguan kualitas internet, tak hanya masalah ketersediaan sambungan, tetapi juga latency atau packet loss,dapat mempengaruhi performa aplikasi seperti ini. Gangguan sambungan internet saat menggunakan aplikasi bisnis semacam ini tak hanya membuat bisnis mengalami gangguan operasional, akan tetapi juga kehilangan potensi pendapatan.

Bagi penyedia jasa internet, SLA merupakan insentif bagi penyedia jasa internet untuk menjaga kualitas koneksi layanan yang ditawarkan. Dengan begitu, penyedia jasa Internet Dedicated dapat mencegah masalah reputasi dan kerugian finansial akibat adanya klaim dari pelanggan.

Apa itu SLA pada Paket Berlangganan Internet Dedicated, dan seberapa pentingnya Bagi Bisnis
Apa itu SLA pada Paket Berlangganan Internet Dedicated, dan seberapa pentingnya Bagi Bisnis

Semoga dari apa yang sudah dijelaskan dengan secara singkat mengenai apa itu SLA yang keberadaannya sangat penting bagi bisnis dapat menambah wawasan kita mengenai segala hal yang berkaitan dengan internet. Semoga bermanfaat,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SKINET Sumber Koneksi Indonesia Provider Paket Internet Kantor Fiber Optik Wireless Dedicated Terbaik Stabil Cepat Murah untuk kantor pemerintah dinas instansi terdaftar di lkpp lpse cir 1 banding 1 sla tinggi 99,5%