Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth

Di saat seperti sekarang ini, jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk semua kalangan. Sebagian dari kalian pastinya sudah tahu atau sudah pernah mendengar istilah Dedicated Bandwidth dan Up to / Shared Bandwidth? Bagi kalian yang belum tahu dan mencoba untuk mencari tahu, Simak ulasan-ulasan singkat di bawah ini.

Apa itu Dedicated Bandwidth?

Dedicated Bandwidth merupakan jaringan yang memiliki rasio atau perbandingan 1:1, itu berarti bahwa bandwidth yang kalian gunakan tidak terbagi dengan dengan pengguna lain. Semisal saja, kalian menggunakan dedicated bandwidth dengan kecepatan 15 Mbps, maka kalian akan mendapatkan bandwidth yang sebesar 15 Mbps pula tanpa terbagi.

Untuk jaringan internet dengan dedicated bandwidth, pada umumnya digunakan untuk kebutuhan bisnis yang tentunya sangat membutuhkan bandwidth besar. Dedicated Bandwidth tentunya sangat cocok untuk segala aktivitas bisnis yang menuntut koneksi internet yang cepat dan tanpa putus. Konektivitas antar divisi dan para pekerja sangat ditekankan untuk kelancaran bisnis. Oleh sebab itu, Bandwidth besar menjadi pilihan tepat untuk bisnis kalian.

Internet dengan Up To / Shared Bandwidth

Tentunya, selain Dedicated Bandwidth, terdapat juga jenis internet dengan Up To / Shared Bandwidth. Up To / Shared Bandwidth adalah jenis jaringan dengan bandwidth terbagi. Kita ambil contoh, Jika kalian berlangganan sebuah layanan internet dengan bandwidth 15 Mbps, maka dari nilai yang sebesar 15 Mbps tersebut tadi akan terbagi dengan pengguna lain. Dari 15 Mbps tadi, bandwidth yang akan kalian dapatkan di bawah itu. Pada bandwidth jenis ini, jumlah penggunanya sangat mempengaruhi performa koneksi internet yang kalian gunakan. Hal tersebut disebabkan, 15 Mbps tersebut tadi akan terbagi dengan pengguna yang juga menggunakan jaringan tersebut. Seandainya ada 10 orang pengguna yang juga menggunakan jaringan tersebut, maka bandwidth itu tadi akan terbagi pula dengan 10 pengguna lain pada jaringan yang sama.

Jenis jaringan internet semacam ini umumnya digunakan untuk kebutuhan internet pribadi atau penggunaan yang tidak membutuhkan bandwidth besar. Biasanya, para pengguna jenis layanan internet semacam ini hanya untuk penggunaan yang sebatas browsing, sreaming video, dan game online.

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth
Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth

Perbandingan Bandwidth Dedicated dan Up To / Shared

Jika dibandingkan dari segi kecepatan, Dedicated Bandwidth pastinya lebih unggul dibanding dengan jenis Up To / Shared Bandwidth. Hal tersebut dikarenakan, bandwidth yang digunakan oleh setiap pengguna tidak terbagi dengan pengguna lain. Dan jika dibandingkan dari segi kecepatan upload dan download, tetap masih unggul dedicated Bandwidth, dimana kecepatan upload dan download sama cepatnya. Jika kalian sedang memilih layanan internet yang sekiranya cocok bagi kalian, Sedikit usulan dari kami untuk kalian, kalian harus memperhitungkan kebutuhan kalian dalam penggunaannya.

inilah Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth
inilah Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth

Jika kebutuhan yang kalian butuhkan hanya sebatas untuk browsing, streaming video, game online, atau untuk aktivitas bisnis seperti mengirim dan menerima berkas ukuran besar. Seandainya kalian membutuhkan internet untuk keperluan harian, maka koneksi dengan sistem Up To kiranya sudah cukup untuk mengcover segala kebutuhan harian kalian. Namun, jika kalian menggunakan internet untuk bisnis, kami sarankan kepada kalian untuk menggunakan koneksi internet dengan sistem Dedicated Bandwidth.

Semoga saja, dari apa yang sudah dijelaskan diatas dapat menambah sedikit wawasan kita terhadap segala bentuk perkembangan yang terjadi. Semoga bermanfaat,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SKINET Sumber Koneksi Indonesia Provider Paket Internet Kantor Fiber Optik Wireless Dedicated Terbaik Stabil Cepat Murah untuk kantor pemerintah dinas instansi terdaftar di lkpp lpse cir 1 banding 1 sla tinggi 99,5%