Mengenal apa itu ISP, Fungsi, dan Jenisnya

Lebih Mengenal apa itu ISP, Fungsi, dan Jenisnya

Bagi sebagian dari kalian yang sering mengakses layanan internet, terutama yang aktif dalam penggunaannya,  tentunya sudah tidak asing lagi dengan ISP. Dikarenakan untuk mengakses layanan internet itu sendiri pastinya membutuhkan ISP.

Namun, tahukah kalian apa itu ISP dan mengapa keberadaannya sangat lekat sekali dengan internet? Yuks langsung saja kita simak beberapa rangkuman yang dikemas secara ringkas mengenai ISP seperti di bawah ini.

Apa itu ISP?

ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider atau biasa juga disebut dengan Penyedia Jasa Internet (PIJI). ISP pun kerap dikenal sebagai Internet Access Privider (IAP) atau lebih mudahnya disebut juga dengan provider. Dari namanya sendiri, ISP dapat dikategorikan sebagai lembaga atau perusahaan yang bergerak dibidang penyedia layanan internet. Sudah barang tentu jika setiap kali berhasil terhubung ke internet, akan dipastikan ada jasa ISP di sana.

ISP merupakan perusahaan yang menyediakan layanan koneksi internet ke seluruh pengguna, baik itu untuk penggunaan secara individu ataupun untuk digunakan oleh perusahaan atau bisnis. Lebih dari pada itu, ISP pastinya juga menyediakan jasa pemeliharaan infrastruktur internet.

Untuk bisa menghubungkan perangkat seperti komputer, laptop, atau ponsel ke internet, setidaknya diperlukan peralatan jaringan telekomunikasi dan rute khusus. Oleh sebab, sebagian besar dari pengguna pastinya tidak memiliki akses ke peralatan semacam ini. Oleh sebabnya hadirlah ISP guna memfasilitasi semua kebutuhan yang diperlukan.

Pada umumnya, ISP adalah perusahaan telepon seluler atau perusahaan kabel yang sekaligus juga menawarkan layanan internet secara berlangganan, dimana para penggunanya nanti dapat menyewa akses jaringan internet dengan cara berlangganan seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Untuk dapat mengakses ISP, pengguna memerlukan setidaknya beberapa perangkat pendukung tambahan seperti modem atau router yang befungsi untuk menghubungkan koneksi internet dari ISP ke gadget.

Biasanya, perangkat tambahan seperti modem dan router tadi akan dipinjamkan oleh ISP manakala pengguna sudah melakukan registrasi untuk berlangganan akses layanan internet.

Mengenal apa itu ISP, Fungsi, dan Jenisnya
Mengenal apa itu ISP, Fungsi, dan Jenisnya

Fungsi dari ISP

 

Dengan melihat segala bentuk penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa,  fungsi dari ISP itu adalah untuk menghubungkan gadget pengguna dengan koneksi internet lewat perangkat modem atau router. Oleh karena itu, tanpa adanya ISP, kalian tidak akan dapat mengakses layanan internet  kendatipun kalian sudah memiliki perangkat modem atau router.

ISP berperan dalam memverifikasi alamat IP (Internet Protocol) di modem agar nantinya dapat dialiri dengan koneksi internet, sehingga nantinya dapat menyebarkan koneksi tersebut ke perangkat lain yang berupa laptop atau ponsel.

 

Jika di-ilustrasikan, ISP itu ibarat sebuah jalan yang memiliki fungsi untuk menghubungkan berbagai layanan di internet, dari satu titik akses poin ke titik lainnya, dengan menggunakan perangkat telekomunikasi yang kompleks.

Adapun perangkat telekomunikasi yang biasa digunakan oleh ISP tersebut terdiri dari berbagai macam jenis, berdasar pada layanan koneksi internetnya, seperti Dial Up, DSL, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis ISP yang berdasar pada layanan koneksi internetnya

Lebih Mengenal apa itu ISP, Fungsi, dan Jenisnya
Lebih Mengenal apa itu ISP, Fungsi, dan Jenisnya

Jenis ISP

  1. Dial-up

Dial-up merupakan koneksi internet yang dihasilkan melalui sambbungan kabel pada telepon rumah konvensional. Dimana, jenis koneksi internet semacam ini memiliki kecepatan yang paling lambat, yaitu berkisar 56 Kbps. Pengguna setidaknya harus memiliki telepon rumah agar dapat mendapat koneksi dial-up. Hal tersebut menjadikannya tidak dapat digunakan disaat yang bersamaan ketika penggunanya sedang melakukan aktivitas telepon.

  1. Digital Subscriber Line atau DSL

DSL sendiri adalah jenis koneksi internet yang dihasilkan melalui sambungan teepon rumah dengan menggunakan jaringan broadband, dimana kecepatannya berada di atas layanan dial-up, dengan kisaran 200 Kbps hingga 8 Mbps. Perlu kalian ketahui, jaringan broadband dapat mengirim koneksi internet dengan menggunakan sambungan kabel tembaga dan fiber optik. Jaringan broadband juga dapat mengirimkan koneksi internetnya secara nirkabel  seperti yang kerap digunakan pada jaringan seluler. Untuk jenis ini, koneksi internetnya dihubungkan lewat jaringan kabel tembaga yang digunakan juga pada sambungan telepon rumah. Akan tetapi, dikarenakan kabel tersebutdisalurkan melalui modem, pengguna jaringan semacam ini tidak diharuskan memiliki perangkat telepon rumah.

 

  1. TV Kabel

TV kabel merupakan jenis koneksi internet yang dihasilkan lewat sambungan TV kabel. Yang mana sambungan untuk TV kabel juga sudah menggunakan jaringan broadband. Umumnya, jaringan broadband dari TV kabel dihantarkan melalui jaringan kabel fiber optik. Selanjutnya, kabel itu tadi disambungkan ke modem atau router guna menyebarkan koneksi internet di perangkat. Asal masih berada di lokasi yang terjangkau sambungan dari TV kabel, pengguna masih dapat menggunakan koneksi ini untuk mengakses internet.

  1. Koneksi Satelit

Ada pula jenis ISP yang menggunakan satelit komunikasi luar angkasa dengan jaringan broadband guna menyediakan internet. Untuk dapat menangkap jaringan broadband dari koneksi satelit, pengguna wajib memiliki apa yang dinamakan dengan parabola. Dimana, peran dari parabola itu sendiri adalah untuk menyebarkan koneksi internet ke beberapa perangkat. Jangkauan koneksi internet semacam ini bisa lebih luas dari jaringan kabel. Akan tetapi, untuk penggunaan koneksi satelit untuk mengakses internet masih sangat jarang sekali ditemui disini.

  1. Jaringan internet seluler

Jaringan layanan internet seluler seperti halnya 4G atau 5G, adalah jenis koneksi internet yang kerap digunakan pada ponsel. Jenis yang seperti ini menghasilkan koneksi internetnya lewat jaringan seluler yang terhubung melalui jaringan seluler untuk menghasilkan koneksi internet. Untuk dapat mengakses koneksi internet dari jaringan 4G atau 5G, pengguna harus memiliki paket data internet yang disediakan oleh ISP. Dengan paket data internet tersebut nantinya pengguna tidak lagi membutuhkan sambungan kabel sebagai akses internet.

Ada beragam jenis dan macam ISP berdasarkan layanan koneksi internetnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengakses internet. Oleh sebab itu,  harus sebijaknya pulalah kita  memanfaatkan segala macam bentuk dari fasilitas yang ada, agar nantinya dapat pula dirasakan hasilnya bersama-sama. Selamat siang, selamat beraktivitas,…

 

 

 

SKINET Sumber Koneksi Indonesia Provider Paket Internet Kantor Fiber Optik Wireless Dedicated Terbaik Stabil Cepat Murah untuk kantor pemerintah dinas instansi terdaftar di lkpp lpse cir 1 banding 1 sla tinggi 99,5%