Berbagai konten menarik YouTube, Sumber: tekno.kompas.com

Table of Contents

Inilah Konten Menarik YouTube, Bisa Dicoba nih!

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dari dunia digital semakin pesat. Bahkan saat ini sudah banyak orang-orang yang menyalurkan hobi ataupun ide kreatifnya melalui jejaring sosial, salah satunya YouTube. Jika Anda mengunjungi YouTube, maka Anda akan melihat banyak konten menarik YouTube yang bisa ditonton.

Konten-konten tersebut dibuat oleh seseorang dari pemilik akun YouTube. Jika saat ini banyak yang menyebutnya sebagai YouTuber. Di masa kini, menjadi seorang YouTuber dengan jumlah subscriber dan penonton yang banyak dapat menghasilkan pendapatan yang cukup lumayan.

Maka tidak heran banyak sekali bermunculan para content creator pemula yang ingin menghasilkan pendapatan melalui saluran YouTube yang mereka miliki. Namun untuk memiliki jumlah subscriber dan penonton yang banyak, diperlukan ide konten YouTube yang menarik.

Untuk para content cretor pasti pernah mengalami fase bingung dalam memikirken ide, misalnya saja seperti apa aja sih ide konten YouTube simple tapi menarik. Karena tanpa disadari ide konten menarik YouTube tersebut dapat mendatangkan jumlah subscriber dan penonton.

Berbagai konten menarik YouTube, Sumber: tekno.kompas.com
Berbagai konten menarik YouTube, Sumber: tekno.kompas.com

Jenis Konten YouTube yang Menarik

Sebelum memutuskan menjadi seorang YouTuber, maka Anda perlu tau apa aja sih konten menarik YouTube yang bisa Anda jadikan referensi. Perlu Anda ingat bahwa membuat konten YouTube yang menarik itu menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan jumlah subscriber dan penonton.

1. Gaming Video

Saat ini konten gaming di YouTube masih banyak disukai oleh para penonton. Konten menarik YouTube ini membahas seputar game. Nantinya si content creator tersebut akan memainkan sebuah game yang sedang booming.

Biasanya penonton menyukai seorang kreator konten yang ekspresif dan komunikatif saat memainkan sebuah game. Hal tersebut merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi penonton. Daripada seorang content cretor yang hanya diam saja, penonton akan menyukai konten gaming yang pemainnya “asik”.

2. Vlog

Vlog atau video blog merupakan salah satu konten menarik YouTube yang memiliki banyak penggemar. Biasanya yang membuat vlog ini banyak penontonnya, tidak lepas dari siapa kreatornya. Isi dari vlog ini hampir mirip dengan cerita dari kegiatan sehari-hari.

Dari mulai bangun tidur, bahkan hingga tidur lagi. Ada juga vlog yang berisikan kegiatan selama liburan, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. Cara penyampaian si kreator dan isi vlog yang menyenangkan, dapat menarik perhatian penonton untuk mengikuti channel YouTube Anda.

3. Konten Kuliner

Konten kuliner ini juga banyak sekali yang menyukainya. Biasanya di dalam konten kuliner ini melihatkan si kreator yang tengah menikmati berbagai makanan. Bisa dengan jalan-jalan lalu makan di suatu tempat, atau bisa juga dengan metode mukbang.

Selain itu ada juga konten ASMR makanan yang menonjolkan suara saat si kreator sedang menikmati makanannya. Banyak penonton yang dibuat “ngiler” oleh si kreator karena caranya yang unik saat menikmati makanan tersebut.

Konten gaming, Sumber: popmama.com
Konten gaming, Sumber: popmama.com

4. Konten Masak

Tidak kalah menarik untuk dijadikan konten ialah memasak. Biasanya konten ini sangat disukai oleh wanita yang sedang belajar memasak. Di sini Anda bisa memberikan berbagai resep masakan sekaligus bagaimana cara membuatnya.

Konten ini cukup simple untuk dibuat, Anda hanya perlu memvideo bahan-bahan makanan yang digunakan, persiapannya, hingga proses memasaknya. Bisa juga dari awal belanja, hingga mencicipinya.

5. Tutorial

Konten tutorial juga banyak nih peminatnya. Di sini Anda bisa membagikan berbagai ilmu yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya saja tutorial mengedit foto menggunakan Photoshop, tutorial make up harian, atau tutorial lainnya.

Baca juga: Agar Tidak Mudah Rusak, Ikuti Tips Merawat Laptop Ini yuk!

Tips Konten YouTube yang Menarik

Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam pembuatan konten YouTube yang menarik. Terlebih bagi Anda seorang content creator pemula yang ingin mencoba menjadikan YouTube untuk menyalurkan hobi ataupu ide kreatif lainnya.

Tentukan Target Audiens

Sebelum Anda masuk ke dunia per YouTube-an, maka Anda perlu sekali menentukan siapa target audiens Anda. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan ide konten menarik yang akan Anda buat. Misalnya saja target Anda anak-anak, maka Anda bisa membuat konten YouTube yang menarik untuk anak.

Contonya saja membuat konten yang mengandung unsur pengetahuan namun dibalut dengan bermain. Biasanya anak-anak lebih menyukai belajar dengan metode sambil bermain. Jangan lupa masukkan pula warna-warna cerah yang disukai anak-anak dalam video. Ekspresif dan komunikatif juga diperlukan dalam konten tersebut.

Pembuatan Video

Setelah menentukan target audiens, saatnya Anda mulai memproduksi konten untuk channel YouTube Anda. Anda bisa memulai memproduksi konten sesuai dengan tema yang Anda pilih. Saat memproduksi konten, Anda bisa melihat contoh konten dari kompetitor lain yang bisa dijadikan sebagai referensi Anda untuk pembuatan video.

Membuat konten yang menarik, Sumber: addiction.id
Membuat konten yang menarik, Sumber: addiction.id

Mengedit Video

Tahap selanjutnya, Anda bisa mengedit video yang telah Anda buat tadi. Editlah video sekreatif mungkin, dan enak dipandang ya. Dalam mengedit video ini, Anda juga perlu menyesuaikan dengan target audiens Anda. Jangan lupa juga diberikan berbagai effect menarik di dalamnya.

Tidak lupa juga berikan backsound supaya lebih menarik lagi, dan komponen pendukung lainnya. Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi edit video untuk membantu mempermudah pengeditan video tersebut.

Promosikan Video

Ketika Anda sudah berhasil membuat video dan menguploadnya di YouTube, maka jangan lupa mempromosikan video tersebut ya. Apalagi untuk Anda yang masih pemula dan belum ada yang tau mengenai channel YouTube tersebut. Jadi promosi ini juga penting untuk mengangkat channel YouTube Anda supaya banyak yang nonton.

Anda bisa mempromosikannya melalui semua jejaring sosial yang Anda miliki, seperti Instagram, Facebook, TikTok, hingga Twitter. Bahkan Anda juga bisa minta tolong teman, keluarga, atau kerabat dekat lainnya untuk membantu mempromosikannya melalui jejaring sosial masing-masing.

Baca juga: Penyebab HP Mudah Panas Ternyata Karena Ini! Gimana Solusinya?

Merealisasikan Konten Menarik YouTube

Setelah Anda mengetahui apa saja jenis konten menarik YouTube dan cara buat konten YouTube yang menarik. Maka saatnya merealisasikannya dengan menguploadnya di channel Anda sendiri. Supaya ide menarik untuk konten YouTube dapat terealisasikan, tentu saja Anda membutuhkan sambungan internet untuk mengupload hasil videonya.

Bahkan penonton juga memerlukan sambungan internet untuk menonton konten menarik yang telah Anda buat tersebut. Biasanya jaringan internet di kantor lebih bagus, jadi Anda bisa memanfaatkan internet kantor untuk mengupload hasil karya Anda tadi.

Mengupload video YouTube, Sumber: edu.gcfglobal.org
Mengupload video YouTube, Sumber: edu.gcfglobal.org

Sebenarnya Anda mau upload dimanapun juga terserah saja, namun yang paling penting jaringan internet harus bagus tentunya. Untuk itu Anda bisa menghubungi PT. Sumber Koneksi Indonesia sebagai jasa penyedia internet. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jaringan internet akan lelet, karena sudah diatasi oleh jasa penyedia internet yang berkualitas.

Terima kasih telah membaca informasi di atas. Untuk Anda yang membutuhkan informasi seperti manfaat media sosial atau yang lainnya, bisa langsung mengakses laman website kami. Nantikan artikel menarik dari kami selanjutnya ya!