Koneksi Internet Fiber Optik Beserta Sedikit Penjelasannya

Koneksi internet yang terbilang sangat cepat, stabil, dan juga berkualitas sudah menjadi salah satu kebutuhan penting sebagian besar pengguna layanan internet dimananpun mereka berada, sebab, kehadirannya kini dianggap sebagai penunjang aktivitas sehari-hari, terutama ditengah perkembangan teknologi informasi seperti saat sekarang ini.

 

Akan tetapi, apakah kalian tahu mengenai teknologi fiber optik yang juga sudah banyak dipergunakan saat ini sebagai salah satu media yang digunakan untuk menghantarkan koneksinya? Jika belum, yuk sama-sama kita cari tahu seperti apa fiber optik tersebut.

 

Kehadiran internet sudah bukan lagi menjadi salah satu pelengkap kebutuhan, akan tetapi, sudah menjadi salah satu jenis kebutuhan baru yang paling penting dan banyak dicari untuk dimanfaatkan penggunaannya oleh hampir seluruh penggunanya, entah itu hanya untuk sekedar mencari informasi, berbisnis, streaming, atau hanya untuk mencari hiburan.

 

Berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan oleh Internet Indonesia tahun 2021 – 2022 pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 220 juta orang pengguna, dimana, sebelum pandemi berlangsung hanya tercatat sebesar 175 juta orang saja.

 

Penetrasi internet terhadap penduduk Indonesia terbilang cukup tinggi, yang mana, saat ini saja sudah mencapai 77 % (berdasarkan survei APJII), yang pastinya, hal tersebut tidak terlepas dari kebutuhan infrastruktur jaringan internet seperti fiber optik.

 

Apa Itu Fiber Optik

Fiber optik merupakan teknologi terbaru yang penggunaannya menggunakan metode tercepat yang sengaja dihadirkan untuk memberikan akses koneksi internet dengan tingkat kecepatannya yang tinggi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam bisnis, baik itu bisnis yang dijalankan secara komersial maupun secara perorangan.

 

Berbeda dengan satelit yang menggunakan media udara dan ruang hampa, fiber optik memiliki lebar jalur (bandwidth) yang lebih besar yang mampu mengirim data lebih banyak dan juga cepat jika dibandingkan dengan kabel konvensional, dimana, serat-serat dari kabel fiber optik yang jika diperhatikan memiliki diameter yang hanya sebesar satu helai rambut manusia atau sekitar 120 mikrometer, namun dapat mencapai jangkauan sinyalnya lebih dari 50 kilometer tanpa dukungan penguat sinyal.

 

Mengacu pada aturan yang berlaku, fiber optik memiliki kesamaan cara kerja dengan kabel tembaga, dimana, proses penerjemahan transmitter menggunakan LED (Light Emitting Diode) ataupun Injection Laser Diode (ILD).

 

Jenis jaringan fiber yang dianggap menjadi yang tercepat disebut Fiber to the Home (FTTH) atau Fiber to the Premises (FTTP) sebab merupakan koneksi jaringan dengan kabel fiber optik yang disambungkan ke terminal yang terhubung secara langsung ke rumah, Gedung apartemen, dan juga bisnis.

Koneksi-Internet-Fiber-Optik-Beserta-Sedikit-Penjelasannya
Koneksi-Internet-Fiber-Optik-Beserta-Sedikit-Penjelasannya

Di sisi lain, Fiber to the Curb (FTTC) merupakan koneksi serat parsial, karena kabel optik ditempatkan disisi sebelah antara rumah dan bisnis dimana kabel tembaga membawa sinyal dari sisi tepi jalan disepanjang jalur, begitupun dengan Fiber to the Building (FTTB) yang mana, saat kabel serat menuju pada suatu titik di properti milik bersama serta kabel lainnya menyediakan koneksinya untuk kantor.

 

Keuntungan Menggunakan Internet Fiber Optik

  • Memiliki kecepatan transmisi yang sebesar gigabit per detiknya, dan juga bisa menghantarkan informasi jarak jauh tanpa adanya pengulangan.
  • Memiliki keamanan yang cukup tinggi.
  • Investasi penginstalan internet fiber optik jauh lebih murah.
  • Pemasangannya bisa dilakukan melalui bawah tanah, ataupun dengan melalui kabel udara / gantung.
  • Lebar jalur data lebih besar dan mampu membawa data lebih banyak dibanding jenis kabel yang lain.
  • Bebas terhadap adanya gangguan elektromagnetik serta gelombang radio.
  • Bebas karat
  • Bukan penghantar listrik.
  • Koneksi yang dihasilkannya lebih berkualitas, stabil, dan cepat.

 

Selain keuntungan, ada sedikit kelemahan yang terdapat jika menggunakan jenis koneksi internet semacam ini, seperti.

  • Restorasi atau perbaikan ulang terhadap kabel yang mengalami kerusakan memerlukan waktu yang tidak sebentar, butuh waktu yang lama tergantung medannya.
  • Alat-alat pendukung infrastruktur kabel fiber optik memiliki harga yang mahal, itulah alasan tidak sembarang orang bisa melakukan pengoperasian dan pemeliharaan jaringan.
  • Perlu adanya perawatan yang membutuhkan kehati-hatian serta disiplin sebab bahan dasar kabel fiber optik adalah kaca.

 

Struktur Kabel Fiber Optik

 

Core

Core adalah bagian penting dari kabel fiber optik yang terbuat dari bahan plastic dan juga kaca halus yang memiliki kualitas bagus dan tidak akan mengalami pengaratan.

Fungsi dari core, yaitu media perambatan cahaya yang menjadi bagian into dari fiber optik itu sendiri dengan menggunakan bahan kaca berdiameter sangat kecil, sekitar 2 um sampai 50 um.

 

Cladding

Cladding adalah lapisan yang nantinya akan menyelubungi core sebagai pelindung yang menutupi serat optik, dimana, cladding memilik bahan yang hampir sama dengan core, akan tetapi indeks biasnya berbeda.

Indeks bias yang berbeda memiliki tujuan agar nantinya cahaya selalu dapat dipantulkan lagi ke teras dengan menggunakan permukaan cladding dan tetap berada di dalam fiber optik.

Selain untuk melindungi core, cladding yang memiliki ukuran 5 um sampai 250 um memiliki manfaatnya sebagai pelindung gelombang cahaya untuk  membantu merefleksikan semua cahaya tembus kembali ke core.

 

Coating

Coating sendiri adalah lapisan yang memiliki fungsinya sebagai pelindung dari segala bentuk gangguan fisik, seperti lekukan pada kabel daqn kelembaban udara di dalam kabel, berbahan mantel serat optic yang berbeda, dengan lapisan coating yang terbuat dari plastic yang elastis.

Sebagai pelindung fiber optik dari retakan awal di permukaan , coating memiliki lapisan plastik yang lembut di dalamnya, serta dibagian luarnya terdapat lagi bungkus tambahan yang di sebut buffer primer.

 

Strength Member dan Outer Jacket

Lapisan yang terdapat paling terakhir atau paling luar yang berfungsi sebagai pelindung utama kabel fiber optik disebut strength member yang bertugas melindungi inti kabel dari gangguan fisik secara langsung.

Secara keseluruhannya, baik itu kelebihan juga kekurangan dari teknologi fiber optik, kebutuhan akan koneksi internet yang berkualitas terbaik sangatlah dibutuhkan pada saat seperti sekarang ini sebagai penunjang utama bisnis yang tengah kalian geluti. Semoga bermanfaat,…