Penasaran Apa Itu ISP? Inilah Pejelasan, Fungsi, dan Cara Kerjanya

jasa layanan internet service provider

Perkembangan dunia internet saat ini sudah sangat berkembang pesat dan membawa perubahan ke arah yang lebih modern dan canggih. Inilah yang merupakan dampak positif perkembangan teknologi dengan adanya internet. Untuk mengakses internet tentu memerlukan yang namanya koneksi jaringan ke provider yang digunakan. Layanan dari ISP merupakan layanan yang diperlukan agar dapat menggunakan internet dan terhubung ke sebuah jaringan.

Layanan tersebut tersedia bagi para pengguna yang terdaftar, sehingga memiliki fasilitas untuk terkoneksi dengan internet. Jadi jika Anda ingin terhubung dengan internet bisa menggunakan layanan ISP yang diberikan oleh provider.

Caranya sangat mudah tinggal daftarkan saja di perusahan provider, salah satunya seperti PT.Sumber Koneksi Indonesia. Jangkauannya mencakup hampir diseluruh wilayah Indonesia. Jadi, tak perlu bingung lagi karena jangkuan jaringan internet sudah dapat dinikmati dengan mudah. Semua jenis pendaftaran dapat dilayani baik itu untuk perorangan maupun pemasangan untuk Internet Kantor.

Pengertian ISP

pengertian ISP
Ilustrasi diagram ISP, sumber: kominfo.co.id

Mungkin bagi Anda yang masih bingung dengan apa itu ISP? berikut ini ulasan dan penjelasannya. ISP merupakan singkatan dari Internet Service Provider, secara umum adalah sebuah produsen atau perusahaan yang menyediakan layanan internet. Dengan adanya perusahaan yang menyediakan layanan internet tentu akan sangat memudahkan siapa saja dalam mengakses internet dan media online.

Untuk mendapatkan layanan internet dari perusahaan provider tentu didapatkan dengan cara berlangganan terlebih dahulu. Karena layanan ineternet yang diberikan merupakan layanan internet berbayar, sehingga untuk dapat mengaksesnya perlu berlangganan terlebih dahulu. Internet Service Provider lebih familiar dikenal dengan sebutan provider internet, hal ini dikarenakan penyebutannya yang lebih mudah dalam pengucapannya. Untuk cakupan jaringan yang ditawarkan oleh ISP sangatlah luas, sehingga penggunaannya dapat digunakan secara lokal dan Internasional.

Cakupannya yang luas didukung dengan jaringan data transmisi yang terhubung secara global. Sehingga memudahkan dalam mentransmisi jaringan data dari satu tempat ke tempat lainnya. Ada banyak jenis media dalam menstransmisikan jaringan datanya seperti melalui sinyal radio, modem, kabel, dan jalur lainnya.

Dalam layanan jaringan internet ISP yang digunakan tentu ada biaya bulanan yang harus dibayarkan, untuk tetap bisa mengakses internet setiap bulannya. Layanan berbayar dari ISP terbagi dalam dua kategori yaitu, modem dan broadband.

Jika menggunakan koneksi modem atau dial up biaya bulanan yang dibayarkan tergolong lebih murah dan ada juga yang gratis. Penggunaan kabel telepon yang menggunakan kabel dalam transmisi jaringan internet biasa digunakan pada internet kantor dan rumahan. Sedangkan untuk koneksi broadband menggunakan internet nikabel, modem, satelit, dan lainnya. Jenis transmisi jaringan internet ini lebih cepata jika dibandingkan dengan yang lainnya. Akan tetapi kecepatannya sebanding dengan harga perbulan yang harus dibayarkan yaitu, lebih tinggi dari transmisi biasanya.

Fungsi Dari ISP

fungsi ISP
Pengechekan kualitas jaringan internet, sumber: masterportal.com

Setelah memahami pengertian dan penjelasan dari ISP. Anda juga perlu untuk mengetahui fungsinya. Dengan adanya Internet Service Provider memudahkan siapa saja untuk dapat mengakses internet dengan mudah. Inilah yang menjadi tujuan utama dari produsen atau perusahaan penyedia layanan internet untuk terus memberikan kemudahan dalam mengakses internet.

Berikut ini fungsi ISP secara detail yang bisa disimak dan dipahami diantaranya:

  1. Menjadi produsen sekaligus media untuk dapat membantu para pengguna internet dalam melakukan aktivitas di media online.
  2. Memberikan penyedian layanan jasa koneksi internet kepada masyarakat luas.
  3. Menyediakan tempat untuk homepage untuk para pengguna yang meggunakan jaringan internet untuk keperluan komersil.
  4. Membantu pengguna jasa layanan internet dengan menghubungkan ke gateway terdekat.
  5. Menghubungkan pengguna layanan internet kepada layanan informasi yang tersedia di world wide web atau www.
  6. Menyediakan berbagai jenis perangkat yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan untuk dapat terhubung dengan jaringan internet.

Jika dilihat dari fungsi diatas tentu ISP yang merupakan sebuah jasa yang memberikan layanan internet memiliki tujuan utama. Tujuannya tersebut adalah dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna atau konsumennya dalam menikmati internet secara optimal.

Cara Kerja ISP

cara kerja ISP
Jangkuan internet dengan media online, sumber: higen.id

Dengan semakin banyaknya pengguna layanan jaringan internet tentu, cara kerja dari ISP sangat ingin untuk diketahui. Sebenarnya untuk cara kerjanya sendiri tidak terlalu sulit atau tergolong sederhana. Hanya menunggu dari para pengguna atau konsumen yang mendaftar menggunakan jaringan internet kemudiian diberikan akses permintaannya.

Barulah dari pihak perusahaan ISP akan merouting jaringan internet menggunakan perangkat yang akan digunakan oleh pelanggan. Perangkat tersebut yang akan digunakan untuk dapat mengkases jaringan internet. Jenis perangkatnya disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunaan jaringan internet oleh pelanggan. Sehingga perangkat yang digunakan akan menyesuaikan kecepatan jaringan internet yang diperlukan dalam mendukung aktivitas media online sehar-hari.

Jika semua perangkat sudah terpasang dengan baik dan terhubung dengan jaringan internet. Maka pelanggan yang telah terdaftar dan mendapatkan akses untuk dapat menikmati layanan jaringan internet. Layanan internet tersebut bisa dikoneksikan ke berbagai perangkat device yang digunakan dalam mengakses media online. Bisa berupa handphone, laptop, komputer, dan perangkat lainnya.

 

Jadi, Anda sebgai penlanggan dan pengguna jaringan internet dari perusahaan ISP penyedia jasa layanan internet tidak ada salah untuk memahami seluk beluk tentang ISP.  Dengan mengetahuinya tentu akan menambah informasi bagi Anda dan dapat memahami dan mengerti. Tentu dengan memahami, mejadikan Anda bukan pelanggan ISP yang awam. Sehingga bila terjadi kerusakan atau kendala lainnya Anda paham istilah-istilah yang digunakan dan dapat menjelaskannya.

Semoga dengan informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi Anda yang telah membacanya. Masih banyak artikel lainnya pada laman ini yang tidak kalah informatifnya untuk diabaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SKINET Sumber Koneksi Indonesia Provider Paket Internet Kantor Fiber Optik Wireless Dedicated Terbaik Stabil Cepat Murah untuk kantor pemerintah dinas instansi terdaftar di lkpp lpse cir 1 banding 1 sla tinggi 99,5%